Connect Me And Friend HTC

Welcome

Selamat datang di Coretan Taufik HTC - saya senang Anda berada di sini, dan berharap Anda sering datang kembali. Silakan Berlama - Lama di sini dan membaca lebih lanjut tentang artikel dunia teknik (Blogging, HTC, Pantun, Trik" handphone Dan Lain Lain) yang Kami susun. Ada banyak hal tentang kami, Anda mungkin akan menemukan sesuatu yang menarik.

Navigasi

Social Stuff

–<>–selamat datang di http://taufikdhubi.blogspot.com | terima kasih telah berkunjung | jangan lupa tinggalkan pesan–<>–

Sabtu, 14 Januari 2012

Sejarah MANCHESTER UNITED

Manchester United
Logo Manchester United
Nama lengkap Manchester United Football Club
Julukan The Red Devils[1]
Didirikan 1878, dengan nama Newton Heath LYR F.C.
Stadion Old Trafford
(Kapasitas: 75.957[2][3])
Pemilik Bendera Amerika Serikat Keluarga Glazer
Wakil ketua Bendera Amerika Serikat Joel dan Avram Glazer
Manajer Sir Alex Ferguson
Liga Liga Utama Inggris
2010–11 Liga Utama Inggris, ke-1
Situs web Situs web resmi klub

Kostum kandang
Kostum tandang
Kostum ketiga
Soccerball current event.svg Musim ini


Manchester United F.C. (biasa disingkat Man Utd, Man United atau hanya MU) adalah sebuah klub sepak bola papan atas di Inggris yang berbasis di Old Trafford, Manchester,
Dibentuk sebagai Newton Heath L&YR F.C. pada 1878 sebagai tim sepak bola depot Perusahaan Kereta Api Lancashire dan Yorkshire Railway di Newton Heath, namanya berganti menjadi Manchester United pada 1902.
Meski sejak dulu telah termasuk salah satu tim terkuat di Inggris, barulah sejak 1993 Manchester United meraih dominasi yang besar di kejuaraan domestik di bawah arahan Sir Alex Ferguson - dominasi dengan skala yang tidak terlihat sejak berakhirnya era Liverpool F.C. pada pertengahan 1970-an dan awal 1980-an. Sejak bergulirnya era Premiership di tahun 1992, Manchester United adalah tim yang paling sukses dengan dua belas kali merebut trofi juara.
Meskipun sukses di kompetisi domestik, kesuksesan tersebut masih sulit diulangi di kejuaraan Eropa; mereka hanya pernah meraih juara di Liga Champions tiga kali sepanjang sejarahnya (1968, 1999, 2008).
Sejak musim 86-87, mereka telah meraih 22 trofi besar - jumlah ini merupakan yang terbanyak di antara klub-klub Liga Utama Inggris. Mereka telah memenangi 19 trofi juara Liga Utama Inggris (termasuk saat masih disebut Divisi Satu). Pada tahun 1968, mereka menjadi tim Inggris pertama yang berhasil memenangi Liga Champions Eropa, setelah mengalahkan S.L. Benfica 4–1, dan mereka memenangi Liga Champions Eropa untuk kedua kalinya pada tahun 1999 dan sekali lagi pada tahun 2008 setelah mengalahkan Chelsea F.C. di final. Mereka juga memegang rekor memenangi Piala FA sebanyak 11 kali.[4] Pada 2008, mereka menjadi klub Inggris pertama dan klub Eropa kedua yang berhasil menjadi Juara Dunia Antarklub FIFA.
Pada 12 Mei 2005, pengusaha Amerika Serikat Malcolm Glazer menjadi pemilik klub dengan membeli mayoritas saham yang bernilai £800 juta (US$1,47 milyar) diikuti dengan banyak protes dari para pendukung fanatik.


== Sejarah ==
=== Tahun awal (1878–1945) ===



Tim Manchester United pada awal sesi 1905-06, yang pada saat itu menjadi juara dua di Divisi 2 dan terangkat.
Tim pertama kali dibentuk dengan nama Newton Heath Lancashire and Yorkshire Railwaiy F.C. pada 1878 sebagai tim karya Lancashire dan


Tim pertama kali dibentuk dengan nama '''Newton Heath Lancashire and Yorkshire Railwaiy F.C.''' pada 1878 sebagai tim karya Lancashire dan Yorkshire, stasiun kereta api di [[Newton Heath]]. Kaos tim berwarna hijau - emas.
Mereka bermain di sebuah lapangan kecil di North Road, dekat stasiun kereta api [[Piccadilly Manchester]] selama lima belas tahun, sebelum pindah ke Bank Street di kota dekat [[Clayton]] pada 1893.
Tim sudah memasuki kompetisi sepak bola tahun sebelumnya dan mulai memutuskan hubungannya dengan stasiun kereta api, menjadi perusahaan mandiri, mengangkat seorang sekretaris perkumpulan dan pengedropan "L&YR" dari nama mereka untuk menjadi '''Newton Heath F.C''' saja..

Tak lama kemudian, di tahun 1902, tim nyaris bangkrut, dengan utang lebih dari £2500. Lapangan Bank Street mereka telah ditutup.<ref name="north_road">{{cite book|last=Murphy|first=Alex|title=The Official Illustrated History of Manchester United|year=2006|publisher=[[Orion Publishing Group|Orion Books]]|location=London|isbn=0-75287-603-1|pages=pp14|chapter=1878-1915: From Newton Heath to Old Trafford }}</ref>

Sebelum tim mereka bubar, mereka menerima investasi dari [[John Henry Davies|J. H. Davies]]*, direktur Manchester Breweries. Awalnya, seorang legenda tim, [[Harry Stafford]], yang merupakan kapten tim, memamerkan anjing [[St. Bernard (anjing)|St. Bernardnya]]**, kemudian Davies memutuskan untuk membeli anjing itu. Stafford menolak, tetapi berhasil memengaruhi Davies untuk menannamkan modal pada tim dan menjadi chairman tim.<ref>[http://news.bbc.co.uk/1/hi/business/4630489.stm Man Utd's turbulent business history], Bill Wilson, [[29 Juni]] [[2005]]. Dipublikasikan oleh [[BBC|BBC News]]. Diakses pada [[8 Juni]] [[2007]].</ref> Diadakan rapat untuk mengganti nama perkumpulan. '''Manchester Central''' dan '''Manchester Celtic''' adalah nama yang diusulkan, sebelum Louis Rocca, seorang imigran muda asal [[Italia]], berkata "Tuan-tuan, mengapa kita tidak menggunakan nama Manchester United?"<ref>{{cite book|last=Murphy|first=Alex|title=The Official Illustrated History of Manchester United|year=2006|publisher=Orion Books|location=London|isbn=0-75287-603-1|pages=pp16|chapter=1878-1915: From Newton Heath to Old Trafford }}</ref> Nama ditetapkan dan Manchester United secara resmi eksis mulai [[26 April]] 1902. Davies juga memutuskan untuk mengganti warna tim dan terpilihlah warna merah dan putih sebagai warna tim Manchester United.

[[J. Ernest Mangnall|Ernest Mangnall]] ditunjuk menjadi sekretaris klub menggantikan [[James West]] yang mengundurkan diri pada tanggal [[28 September]] 1902. Mangnall bekerja keras untuk mengangkat tim ke Divisi Satu dan gagal pada upaya pertamanya, menempati urutan 5 Liga Divisi Dua. Mangnall memutuskan untuk menambah sejumlah pemain ke dalam klub dan merekrut pemain seperti [[Harry Moger]], [[Dick Duckworth]], dan John Picken, ada juga [[Charlie Roberts]] yang membuat dampak besar. Dia dibeli £750 dari [[Grimsby Town F.C.|Grimsby Town]] pada April 1904, dan membawa tim ke posisi tiga klasmen akhir musim 1903-1904.

Mereka kemudian berpromosi ke Divisi Satu setelah finis diurutan dua Divisi Dua musim 1905–06. Musim pertama mereka di Divisi Satu berakhir kurang baik, mereka menempati urutan 8 klasmen. Akhirnya mereka memenangkan gelar liga pertamanya pada tahun [[1908]]. [[Manchester City F.C.|Manchester City]] sedang diselidiki karena menggaji pemain diatas regulasi yang ditetapkan [[FA]]. Mereka didenda £250 dan delapan belas pemain mereka dihukum tidak boleh bermain untuk mereka lagi. United dengan cepat mengambil kesempatan dari situasi ini, merekrut [[Billy Meredith]] dan [[Sandy Turnbull]], dan lainnya. Pemain baru ini tidak boleh bermain dahulu sebelum [[tahun Baru]] [[1907]], akibat dari skors dari FA. Mereka mulai bermain pada musim 1907–08 dan United membidik gelar juara saat itu. Kemenangan 2–1 atas Sheffield United memulai kemenangan beruntun sepuluh kali United. Namun pada akhirnya, mereka tutup musim dengan keunggulan 9 poin dari rival mereka, [[Aston Villa F.C.|Aston Villa]].

Klub membutuhkan waktu dua tahun untuk membawa trofi lagi, mereka memenangkan trofi Liga Divisi Satu untuk kedua kalinya pada musim 1910–11. United pindah ke lapangan barunya [[Old Trafford]]. Mereka memainkan pertandingan pertamanya di Old Trafford pada tanggal [[19 Februari]] [[1910]] melawan [[Liverpool F.C.|Liverpool]], tetapi mereka kalah 4-3. Mereka tidak mendapat trofi lagi pada musim 1911–12, mereka tidak didukung oleh Mangnall lagi karena dia pindah ke '''Manchester City''' setelah 10 tahunnya bersama United. Setelah itu, mereka 41 tahun bermain tanpa memenangkan satu trofi pun.

United kembali terdegradasi pada tahun 1922 setelah sepuluh tahun bermain di Divisi Satu. Mereka naik divisi lagi tahun [[1925]], tetapi kesulitan untuk masuk jajaran papan atas liga Divisi Satu dan mereka turun divisi lagi pada tahun [[1931]]. United meraih mencapaian terendah sepanjang sejarahnya yaitu posisi 20 klasemen Divisi Dua [[1934]]. kekuatan mereka kembali ketika musim 1938–39.

Keterangan:
* Pemilik Manchester United yang pertama
** St. Bernard akhirnya menjadi maskot MU yang pertama dari tahun 1902-1906

=== Era Sir Matt Busby (1945–1969) ===

Era Sir Matt Busby (1945–1969)



ditunjuk menjadi manager dari tim yang berbasis di Old Trafford ini. Dia meminta sesuatu yang tidak biasa pada pekerjaannya, seperti menunujuk tim sendiri, memilih pemain yang akan direkrut sendiri dan menentukan jadwal latihan para pemain sendiri. Dia telah kehilangan lowongan manager di klub lain, Liverpool F.C., karena pekerjaan yang diinginkannya itu dirasa petinggi Liverpool adalah pekerjaan seorang direktur, tetapi United memberikan kesempatan untuk ide inovatifnya. Pertama, Busby tidak merekrut pemain, melainkan seorang asisten manager yang bernama [[Jimmy Murphy]]. Keputusan menunjuk Busby sebagai manager merupakan keputusan yang sangat tepat, Busby membayar kepercayaan pengurus dengan mengantar United ke posisi kedua liga pada tahun [[1947]], [[1948]] and [[1949]] dan memenangkan [[Piala FA]] tahun 1948. [[Stan Pearson]], [[Jack Rowley]], [[Allenby Chilton]], dan [[Charlie Mitten]] memiliki andil yang besar dalam pencapaian United ini.

Charlie Mitten pulang ke [[Colombia]] untuk mencari bayaran yang lebih baik, tetapi kemampuan pemain senior United tidak menurun dan kembali meraih gelar Divisi Satu pada [[1952]]. Busby tahu, bahwa tim sepak bola tidak hanya membutuhkan pengalaman pemainnya, maka, dia juga berpikir untuk memasukkan beberapa pemain muda. Pertama-tama, pemain muda seperti [[Roger Byrne]], [[Bill Foulkes]], [[Mark Jones (pesepak bola)|Mark Jones]] dan [[Dennis Viollet]], membutuhkan waktu untuk menunjukkan permainan terbaik mereka, akibatnya United tergelincir ke posisi 8 pada [[1953]], tetapi tim kembali memenangkan liga tahun [[1956]] dengan tim yang usia rata-rata pemainnya hanya 22 tahun, mencetak 103 gol. Kebijakan tentang pemain muda ini mengantarkannya menjadi salah satu manager yang paling sukses menangani Manchester United (pertengahan 1950-an, pertengahan akhir 1960-an dan 1990-an). Busby mempunyai pemain bertalenta tinggi yang bernama [[Duncan Edwards]]. Pemuda asal [[Dudley]], [[West Midlands]] memainkan debutnya pada umur 16 tahun di 1953. Edwards dikatakan dapat bermain disegala posisi dan banyak yang melihatnya bermain mengatakan bahwa dia adalah pemain terbaik. Musim berikutnya, 1956–57, mereka menang liga kembali dan mencapai final Piala FA, kalah dari Aston Villa. Mereka menjadi tim Inggris pertama yang ikut serta dalam kompetisi [[Piala Champions Eropa]], atas kebijakan FA. Musim lalu, FA membatalkan hak [[Chelsea F.C.|Chelsea]] untuk tampil di Piala Champions. United dapat mencapai babak semi-final dan kemudian dikandaskan [[Real Madrid C.F.|Real Madrid]]. Dalam perjalanannya ke semi-final, United juga mencatatkan kemenangan yang tetap menunjukkan bahwa mereka adalah tim besar, mengalahkan tim juara [[Belgia]] [[R.S.C. Anderlecht|Anderlecht]] 10–0 di [[Maine Road]].

[[Berkas:Munich memorial plaque.JPG|thumb|200px|left|Sebuah plat kenangan di [[Old Trafford]] sebagai penghargaan untuk para pemain yang meninggal pada Tragedi München.]]

Tragedi terjadi pada musim berikutnya, ketika pesawat membawa tim pulang dari pertandingan Piala Champions Eropa mengalami kecelakaan saat mendarat di [[München]], [[Jerman]] untuk mengisi bahan bakar. [[Tragedi München 1958]] tanggal [[6 Februari]] [[1958]] merenggut nyawa 8 pemain tim - [[Geoff Bent]], Roger Byrne, [[Eddie Colman]], Duncan Edwards, Mark Jones, [[David Pegg]], [[Tommy Taylor]] dan [[Liam Whelan|Liam "Billy" Whelan]] - dan 15 penumpang lainnya, termasuk beberapa staf United, [[Walter Crickmer]], [[Bert Whalley]] dan [[Tom Curry]].<ref>[http://news.bbc.co.uk/onthisday/hi/dates/stories/february/6/newsid_2535000/2535961.stm 1958: United players killed in air disaster]. ''[[BBC News]]''. Diakses pada [[12 Agustus]] [[2007]].</ref> Terjadi 2 kali pendaratan sebelum yang ketiga terjadi kesalahan fatal, yang disebabkan tidak stabilnya kecepatan pesawat karena adanya lumpur. Penjaga gawang United [[Harry Gregg]] mempertahankan kesadaran saat kecelakaan itu dan dibawah ketakutan pesawat akan meledak, menyelamatkan [[Bobby Charlton]] dan Dennis Viollet dengan mengencangkan sabuk pengamannya. Tujuh pemain United menginggal dunia di tempat sedangkan [[Duncan Edwards]] tewas ketika perjalanan menuju rumah sakit. Sayap kanan [[Johnny Berry]] juga selamat dari kecelakaan itu, tetapi cedera membuat karier sepak bolanya berakhir cepat. Dokter München mengatakan bahwa Matt Busby tidak memiliki banyak harapan, namun ia pulih dengan ajaibnya dan akhirnya keluar dari rumah sakit setelah dua bulan dirawat di rumah sakit.

Ada rumor bahwa tim akan mengundurkan diri dari kompetisi, namun Jimmy Murphy mengambil alih posisi manager ketika Busby dirawat di rumah sakit, klub melanjutkan kompetisinya. Meskipun kehilangan pemain, mereka mencapai final Piala FA 1958, dimana mereka kalah dari [[Bolton Wanderers F.C.|Bolton Wanderers]]. Akhir musim, [[UEFA]] menawarkan FA untuk dapat mengirimkan United dan juara liga [[Wolverhampton Wanderers F.C.|Wolverhampton Wanderers]] untuk berpartisipasi di Piala Champions untuk penghargaan kepada para korban kecelakaan, namun FA menolak. United menekan Wolves pada musim berikutnya dan menyelesaikan liga di posisi kedua klasemen; tidak buruk untuk sebuah tim yang kehilangan sembilan pemain akibat Tragedi München.

Busby membangun kembali tim di awal dekade 60-an, membeli pemain seperti [[Denis Law]] dan [[Pat Crerand]]. Mungkin orang yang paling terkenal dari sejumlah pemain muda ini adalah pemuda [[Belfast]] yang bernama [[George Best]]. Best memiliki keatletikkan yang sangat langka. Tim memenangkan Piala FA tahun 1963, walaupun hanya finis diurutan 19 Divisi Satu. Keberhasilan di Piala FA membuat pemain menjadi termotivasi dan membuat klub terangkat pada posisi kedua liga tahun 1964, dan memenangkan liga tahun 1965 dan 1967. United memenangkan Piala Champions Eropa 1968, mengalahkan tim asuhan [[Eusébio]] SL Benfica 4–1 dipertandingan final, menjadi tim Inggis pertama yang memenagkan kompetisi ini. Tim United saat itu memiliki Pemain Terbaik Eropa, yaitu: Bobby Charlton, Denis Law and George Best. Matt Busby mengundurkan diri pada tahun [[1969]] dan digantikan oleh pelatih tim cadangan, [[Wilf McGuinness]].

=== Masa sulit (1969–1986) ===

Setelah masa yang gemilang, United mengalami masa-masa sulit ketika ditangani Wilf McGuinness, selesai diurutan delapan liga pada musim 1969–70. Kemudian dia mengawali musim 1970–71 dengan buruk, sehingga McGuinness kembali turun jabatan menjadi pelatih tim cadangan. Busby kembali melatih United, walaupun hanya 6 bulan. Dibawah asuhan Busby, United mendapat hasil yang lebih baik, namun pada akhirnya ia meninggalkan klub pada tahun 1971. Dalam waktu itu, United kehilangan beberapa pemain kuncinya seperti [[Nobby Stiles]] dan Pat Crerand.

Manager [[Celtic F.C.|Celtic]] yang berhasil membawa Piala Champions ke Glasgow, [[Jock Stein]], ditunjuk untuk mengisi posisi manager — Stein telah menyetujui kontrak secara verbal dengan United, tetapi membatalkannya — . [[Frank O'Farrell]] ditunjuk sebagai suksesor Busby. Seperti McGuinness, O'Farrell tidak bertahan lebih dari 18 bulan, bedanya hanya O'Farrell bereaksi untuk menanggulangi penampilan buruk dari United dengan membawa muka baru ke dalam klub, yang paling nyata adalah direkrutnya [[Martin Buchan]] dari [[Aberdeen F.C.|Aberdeen]] seharga £125,000. [[Tommy Docherty]] menjadi manager diakhir 1972. Docherty, atau "Doc", menyelamatkan United dari degradasi namun United terdegradasi pada 1974, yang saat itu trio Best, Law and Charlton telah meninggalkan klub. Denis Law pindah ke Manchester City pada musim panas tahun 1973. Pemain seperti [[Lou Macari]], [[Stewart Houston]] dan [[Brian Greenhoff]] direkrut untuk menggantikan Best, Law and Charlton, namun tidak menghasilkan apa-apa.

Tim meraih promosi pada tahun pertamanya di Divisi Dua, dengan peran besar pemain muda berbakat [[Steve Coppell]] yang bermain baik pada musim pertamanya bersama United, bergabung dari [[Tranmere Rovers F.C.|Tranmere Rovers]]. United mencapai Final Piala FA tahun 1976, tetapi mereka dikalahkan [[Southampton F.C.|Southampton]]. Mereka mencapai final lagi tahun 1977 dan mengalahkan Liverpool 2–1. Didalam kesuksesan ini, Docherty dipecat karena diketahui memiliki hubungan dengan istri fisioterapi.

[[Dave Sexton]] menggantikan Docherty di musim panas 1977 dan membuat tim bermain lebih defensif. Gaya bermain ini tidak disukai suporter, mereka lebih menyukai gaya menyerang Docherty dan Busby. Beberapa pemain dibeli Sexton seperti [[Joe Jordan (pesepak bola)|Joe Jordan]], [[Gordon McQueen]], [[Gary Bailey]] dan [[Ray Wilkins]], namun tidak dapat mengangkat United menembus ke papan atas, hanya sekali finis diurutan kedua, dan hanya sekali lolos ke babak final Piala FA, dikalahkan [[Arsenal F.C.|Arsenal]]. Karena tidak meraih gelar, Sexton dipecat pada tahun 1981, walaupun ia memenangkan 7 pertandingan terakhirnya.

Dia digantikan manager flamboyan [[Ron Atkinson]]. Dia memecahkan rekor transfer di Inggris dengan membeli [[Bryan Robson]] dari [[West Bromwich Albion F.C.|West Brom]]. Robson disebut-sebut merupakan pemain tengah terbaik sepeninggal Duncan Edwards. Tim Atkinson memiliki pemain baru seperti [[Jesper Olsen]], [[Paul McGrath (pesepak bola)|Paul McGrath]] dan [[Gordon Strachan]] yang bermain bersama [[Norman Whiteside]] dan [[Mark Hughes]]. United memenangkan Piala FA 2 kali dalam 3 tahun, pada 1983 dan 1985, dan diunggulkan untuk memenangkan liga musim 1985–86 setelah memenangkan 10 pertandingan liga pertamanya, membuka jarak 10 poin dengan saingan terdekatnya sampai Oktober 1986. Penampilan United kemudian menjadi buruk dan United mengakhiri musim di urutan 4 klasemen. Hasil buruk United terus berlanjut sampai akhir musim dan dengan hasil yang buruk yaitu diujung batas degradasi, pada November 1986, Atkinson dipecat. Setelah itu United merekrut pelatih baru, yaitu Sir Alex Ferguson.

=== Era Alex Ferguson (1986–sekarang) ===

Sebelum Treble (1986-1998)

==== Sebelum Treble (1986-1998) ====

[[Berkas:Alex Ferguson.jpg|thumb|left|200px|[[Alex Ferguson]]]]
Alex Ferguson datang dari Aberdeen untuk menggantikan Atkinson dan mengantarkan klub meraih posisi 11. Musim berikutnya yaitu musim 1987–88, United menyelesaikan liga di posisi kedua, dengan [[Brian McClair]] yang menjadi pencetak 20 gol liga setelah George Best.

United mengalami masa sulit 2 musim berikutnya. Dengan pembelian pemain yang cukup banyak, Ferguson tidak dapat memenuhi harapan suporter. Alex Ferguson telah berada dalam bahaya pemecatan pada awal 1990, tetapi sebuah gol dari Mark Robins membawa United menang 1–0 atas [[Nottingham Forest F.C.|Nottingham Forest]] dibabak ketiga Piala FA. Ini membuat Ferguson terselamatkan dan pada akhirnya United memenangkan Piala FA, setelah mengalahkan [[Crystal Palace F.C.|Crystal Palace]] di partai ulang babak final.

United memenangkan Winners' Cup Eropa di 1990–91, mengalahkan juara [[Spanyol]] musim itu, [[FC Barcelona|Barcelona]] di final, tetapi mengecewakan di musim berikutnya karena di liga mereka kalah dari saingan, [[Leeds United A.F.C.|Leeds United]].

Kedatangan [[Eric Cantona]] di November 1992 merupakan sebuah langkah krusial United saat itu. Cantona membaur bersama pemain dan memenangkan Final Piala FA menjadikan MU menjadi juara dua di liga dan Piala FA. Ferguson membuat suporter kesal karena menjual beberapa pemain Beberapa dari mereka langsung terpilih menjadi anggota [[Tim nasional sepak bola Inggris]]. Secara mengejutkan, United kembali meraih double pada musim 1995–96. Ini adalah pertama kalinya klub Inggris meraih double sebanyak dua kali dan akhirnya mereka mendapat sebutan "Double Double".<ref>{{cite news|url=http://www.telegraph.co.uk/sport/main.jhtml?xml=/sport/1996/05/12/sfgliv12.xml|title=Cantona crown's United's season of Double delight|publisher=[[The Telegraph]]|accessdate=2006-12-11 }}</ref>

Mereka memenangkan liga musim 1996–97 dan Eric Cantona menyatakan pensiun dari persepak bolaan profesional pada usia 30. Mereka mengawali musim 1997–98 dengan baik, tetapi mengakhiri liga pada posisi dua klasemen, dibawah pemenang dua gelar, Arsenal.

==== Treble (1998–1999) ====



Musim 1998–99 untuk Manchester United adalah musim tersukses karena mereka berhasil menjadi satu-satunya tim Inggris yang pernah meraih Treble(tiga gelar dalam satu musim) — dengan memenangkan Liga Utama Inggris, Piala FA dan Liga Champion UEFA di musim yang sama.<ref name="BBC">{{cite web|url=http://news.bbc.co.uk/2/hi/sport/football/353842.stm|title=United crowned kings of Europe|publisher=BBC News|accessdate=2008-08-11}}</ref> Setelah melewati Liga Utama yang padat, Manchester United berhasil memenangkan liga pada pertandingan terakhir melawan [[Tottenham Hotspur F.C.|Tottenham Hotspur]] dengan skor 2–1, ketika Arsenal menang 1–0 atas Aston Villa.<ref name="SI">{{cite web|url=http://sportsillustrated.cnn.com/soccer/world/news/1999/05/16/british_roundup/|title=Man United stands alone|publisher=Sports Illustrated|accessdate=2008-08-11}}</ref> Memenangkan Liga Utama merupakan bagian pertama dari treble United, yang disebut Ferguson bagian tersulit.<ref name="SI"/> Di final Piala FA mereka bertemu [[Newcastle United F.C.|Newcastle United]] dan menang 2–0 melalui gol [[Teddy Sheringham]] dan Paul Scholes.<ref>{{cite web|url=http://sportsillustrated.cnn.com/soccer/world/news/1999/05/22/fa_cup/|title=Two down, one to go|publisher=Sports Illustrated|accessdate=2008-08-11}}</ref> Pada pertandingan terakhir mereka musim itu, pertandingan [[Final Liga Champions Eropa 1999]], mereka mengalahkan [[FC Bayern Munich|Bayern Munich]], pertandingan tersebut disebut-sebut sebagai comeback terbaik yang pernah ada, kalah sampai dengan injury time dan mencetak gol dua kali di menit-menit terakhir untuk memastikan kemenangan 2–1.<ref name="BBC"/> Manchester United juga memenangkan Piala Interkontinental setelah mengalahkan [[Palmeiras]] 1–0 di [[Tokyo]].<ref>{{cite web|url=http://www.t3.rim.or.jp/~sports/arch/soa99.html|title=Other News in Soccer vin 1999|accessdate=2008-08-11}}</ref>

==== Setelah Treble (1999–sekarang) ====

United memenangkan liga tahun 2000 dan 2001, tetapi mereka gagal meraih kembali trofi kompetisi Eropa. Pada tahun 2000, Manchester United menjadi salah satu dari 14 pendiri kelompok [[G-14]].<ref>{{cite web|url=http://www.g14.com/G14members/index.asp|title=G-14's members|publisher=G14.com|accessdate=2006-09-12 }}</ref> Ferguson mengadopsi gaya permainan bertahan dan tetap gagal di kompetisi Eropa dan United menyelesaikan liga pada urutan ketiga klasemen. Mereka meraih kembali gelar liga musim berikutnya dan memulai musim dengan sangat baik, namun penampilan mereka memburuk ketika [[Rio Ferdinand]] menerima skorsing 8 bulan karena gagal dalam [[tes doping]]. Mereka memenangkan Piala FA 2004, setelah mengalahkan [[Millwall F.C.|Millwall]].

Musim 2004-05, produktivitas gol United berkurang, yang disebabkan oleh cederanya [[Ruud van Nistelrooy]] dan United menyelesaikan musim tanpa meraih satu gelar pun. Kali ini, Piala FA dimenangkan oleh Arsenal yang mengalahkan United melalui adu penalti. Di luar lapangan, cerita utamanya adalah kemungkinan klub diambil alih oleh pihak lain dan pada akhir musim, [[Malcolm Glazer]], seorang pengusaha asal [[Tampa]], telah memiliki kepemilikikan United.

[[Berkas:Ryan Giggs United.jpg|thumb|left|upright|Giggs pemain dengan jumlah pertandingan terbanyak untuk United.]]
United melakukan awal buruk pada musim 2005–06, dengan kepergian [[Roy Keane]] yang bergabung dengan Celtic setelah United banyak dikritik publik dan klub gagal melewati babak knock-out Liga Champions untuk pertama kalinya dalam satu dekade setelah kalah dari tim asal [[Portugal]], Benfica. Musim ini adalah musim yang buruk bagi United karena pemain kunci mereka seperti, [[Gabriel Heinze]], [[Alan Smith]], [[Ryan Giggs]] dan [[Paul Scholes]] cedera. Mereka hanya meraih satu gelar musim itu, Piala Liga, mengalahkan tim promosi [[Wigan Athletic F.C.|Wigan Athletic]] dengan skor 4–0. United memastikan tempat di urutan kedua klasemen liga dan lolos otomatis ke Liga Champions setelah mengalahkan [[Charlton Athletic F.C.|Charlton Athletic]] 4–0. Akhir musim 2005–06, satu dari penyerang kunci, [[Ruud van Nistelrooy]], meninggalkan klub dan bergabung dengan [[Real Madrid C.F.|Real Madrid]], karena hubungannya dengan Alex Ferguson retak.<ref>{{cite news|url=http://news.bbc.co.uk/sport1/hi/football/teams/m/man_utd/5322562.stm|title=Ruud accuses Ferguson of betrayal|publisher=[[BBC Sport]]|date=[[2006-09-07]]|accessdate=2006-12-11 }}</ref>

Musim 2006-07 memperlihatkan gaya permainan United yang menyerang seperti pada dekade 90-an, mencetak 20 gol lebih di 32 pertandingan. Pada Januari 2007, United mendapatkan [[Henrik Larsson]] dengan status pinjaman selama 2 bulan dari [[Helsingborgs IF|Helsingborgs]], dan pemain itu memiliki pera penting dalam pencapaian United di Liga Champions,<ref>{{cite news|title=Seven wonders of sublime United dazzle and destroy helpless Roma|publisher= The Guardian|url=http://football.guardian.co.uk/Match_Report/0,,2054231,00.html|date=[[2007-04-11]] }}</ref> dengan harapan meraih [[Treble]] kedua; namun setelah mencapai babak semi-final, United kalah dari [[A.C. Milan]] 3–5(agregat).<ref>{{cite web|url=http://news.bbc.co.uk/sport2/hi/football/europe/6603095.stm|title=AC Milan 3-0 Man Utd (Agg: 5-3)|accessdate=2007-05-28|author=Caroline Cheese|date=2007-05-02|publisher=BBC Sport }}</ref>

Dalam perayaan ke-50 keikutsertaan Manchester United dalam kompetisi Eropa, dan juga perayaan ke-50 dari [[Treaty of Rome]], Manchester United bertanding melawan [[Marcello Lippi]] dan tim [[Eropa XI]] di Old Trafford pada [[13 Maret]] [[2007]]. United memenangkan pertandingan 4–3.<ref> [http://www.manutd.com/default.sps?pagegid={B4CEE8FA-9A47-47BC-B069-3F7A2F35DB70}&newsid=410702 Manchester United 4-3 Europe XI], ''Situs Resmi Manchester United F.C.'', [[13 Maret]] [[2007]].</ref>

Empat tahun setelah gelar terakhir mereka, United meraih kembali gelar juara liga pada [[6 Mei]] 2007, setelah Chelsea bermain imbang dengan Arsenal, meninggalkan the Blues tujuh poin di belakang dengan menyisakan 2 pertandingan, diikuti kemenangan United 1–0 dalam [[derbi Manchester]] hari sebelumnya, mengantarkan United ke gelar kesembilan Premiership-nya dalam 15 tahun eksistensinya. Namun, mereka tidak dapat mencapai double keempat mereka, karena Chelsea mengalahkan United 1-0 di final Piala FA 2007 yang berlangsung di [[Stadion Wembley]] yang baru.
[[Berkas:Manchester_united_2007-2008_champion.jpg|250px|right|thumb|Para pemain Manchester United mengangkat trofi liga inggris saat memenangkan Liga Utama Inggris tahun 2008]]
Pada 11 Mei 2008, United kembali meraih gelar liga setelah mengalahkan Wigan 2-0 di pertandingan terakhir untuk memastikan gelar tersebut, disusul gelar [[Liga Champions UEFA|Liga Champions]] pada tanggal 21 Mei 2008 yang diraih dengan mengalahkan [[Chelsea F.C.|Chelsea]] 6-5 di final melalui adu penalti setelah bermain seri 1-1 di waktu normal 2x45 menit serta perpanjangan waktu 2x15 menit. Dengan status sebagai juara Liga Champions tersebut, United berhak mengikuti [[Piala Dunia Antarklub FIFA 2008]] dan berhasil menjuarai turnamen tersebut setelah mengalahkan [[Gamba Osaka]] 5-3 di semifinal dan [[Liga Deportiva Universitaria (Quito)|LDU Quito]] 1-0 di final. United pun menjadi klub Eropa kedua yang menjadi juara dunia setelah [[AC Milan]] pada [[Piala Dunia Antarklub FIFA 2007|2007]]. Setahun setelah final [[Liga Champions UEFA]] tahun 2008, Manchester United masuk kembali ke final tahun 2009. Manchester United kemudian mengalami kekalahan dalam final [[Liga Champions UEFA 2008–09]], saat menghadapi [[FC Barcelona|Barcelona]] dengan skor 2 – 0 di [[Roma]], [[Italia]].

Musim 2009-10 bukanlah musim yang bagus, karena hanya mendapatkan gelar Piala Liga, hanya finis di posisi kedua, dan terdepak di [[Liga Champions UEFA|Liga Champions]] oleh [[Bayern Muenchen F.C.|Bayern Munich]]. Musim selanjutnya United meraih titel juara liga teratas untuk ke-19 kalinya, melewati Liverpool dengan 18 gelar juara liga, setelah imbang di [[Blackburn Rovers F.C.|Blackburn]] 1-1 untuk penentuan gelar juara dengan Chelsea. Di Eropa, United meraih medali runner-up setelah dihantam pasukan Pep Guardiola,[[F.C. Barcelona|Barcelona]] 3-1. Di musim tersebut, United kehilangan [[Gary Neville]], [[Owen Hargreaves]], [[Paul Scholes]] dan [[Edwin van der Sar]]. Di musim 2011-12, United mendapat kemenangan besar atas [[Arsenal F.C.|Arsenal]] 8-2 di Old Trafford, tetapi kekalahan besar dari [[Manchester City F.C.|Manchester City]] 1-6 di tempat yang sama. Pertandingan melawan Sunderland (1-0 United) adalah sejarah bagi United, khususnya Sir Alex yang telah resmi 25 tahun bersama United. North Stand resmi diganti namanya menjadi Sir Alex Ferguson Stand. Sir Alex merayakannya dengan para mantan United, Wes Brown, John O'Shea dan Steve Bruce.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Chrome Pointer
Diberdayakan oleh Blogger.